Selasa, 15 Oktober 2013

Liburan di Kabupaten Garut



Assalamualaikum Wr.Wb
Halo teman-teman kali ini saya akan menceritakan perjalanan wisata saya di Garut.
Kabupaten Garut, adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di barat.
Di Kabupaten Garut, banyak sekali objek wisata yang dapat kita singgahi dan memberikan nuansa berlibur yang sangat menyenangkan, wisata tersebut diantaranya Leuweung Sancang, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Karang Paranje,Curuk Sanghyang Taraje, Candi Cangkuang, dan lain-lain. Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya di Garut khususnya di objek wisata Candi Cangkuang dan pemandian air panas.
Saat itu saya berangkat pukul 07:30 WIB dari Jakarta.Perjalanan sangat lancar dan cukup lama kira-kira empat sampai lima jam perjalanan, pukul 11:00 WIB saya tiba di objek Wisata Candi Cangkuang.  Candi Cangkuang adalah sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat.[1] Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda dan dikelilingi oleh 6 gunung. Untuk mencapai ke candi saya harus melewati situ yang disebut Situ Cangkuang dengan perahu dari bambo (rakit) kira-kira harganya untuk Rp 45.000/rakit (PP dan ditunggu), setibanya disana saya harus berjalan lagi menuju candi yang berada diatas bukit kira-kira 10 menit perjalanan , selama perjalanan terdapat penjual pernak-pernik, makanan, dan rumah khas garut sehingga pengunjung tidak merasa bosan harga yang ditawarkan relative murah untuk pernak­-pernik berkisar Rp 15.000 sampai 50.000 dan untuk makanannya berkisar Rp 1.000 sampai Rp 5.000 saja.

Setiba saya pada puncak terlihatlah candi cangkuang yang terlihat bersejarah, dikelilingi pohon-pohon tinggi dan panorama pemandangan yang sangat indah. Didalam candi cangkuangan terdapat patung Syiwa dan tidak jauh dari candi terdapat sebuah joglo museum dengan maksud untuk dipergunakan menyimpan dan menginventarisir benda-benda bersejarah bekas peninggalan kebudayaan dari seluruh Kabupaten Garut.



Perjalanan yang sangat menyenangkan , tidak hanya pemandangan yang menyejukan mata tetapi sebagai media pengetahuan mengenai sejarah di Indonesia kita tercinta. Saya berharap dapat kembali lagi mengunjungi candi cangkuang yang sangat bersejarah dan panorama pemandangan yang tidak dapat ditemui ditempat lain.

Setelah dari cangkuang saya melakukan perjalanan lagi menuju pemandian air panas di Kabupaten Garut tepatnya di ‘objek wisata drajat pas’. Dari Candi Cangkuang kira-kira membutuhkan waktu satu sampai dua jam untuk mencapai objek wisata drajat pas, sebaiknya pengunjung membawa perbekalan saat berwisata.
Objek wisata drajat pas merupakan waterbom dan olahraga air panas, kadar belerang disana rendah sehingga anda tidak perlu ragu untuk menikmatinya aktifitas dengan pekerjaan yang menumpuk, relaksasi yang nyaman setelah seminggu beraktifitas dengan pekerjaan yang menumpuk. Terdapat berbagai fasilitas yang disediakan , diantaranya waterbom yang asik, kolam air hangat, berkuda, ATV, dan penginapan. Tidak hanya kolam untuk anak-anak saja terdapat pula kolam untuk dewasa dengan kedalaman 150cm.
Untuk harga tiket pasuk Rp 20.000/orang dan untuk penginapan sekitar Rp 300.000 sampai Rp 1.700.000. harga yang sesuai dengan fasilitas yang memuaskan.
Demikan perjalanan saya yang mengasikan sekaligus memberikan relaksasi pada segudang pekerjaan.
 Selamat menikmati liburan anda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar