Kamis, 31 Januari 2013

SOAL - SOAL SOFTSKILL

KUMPULAN SOAL KOPERASI INDONESIA
Di susun oleh          : - CAMELA AZKIA (21211577)
                                          - CAMILLA ZAHRA (28211484)
Kelas                          : 2EB08        
Plihlah salah satu jawaban yang paling tepat dibawah ini !
11.      Koperasi adalah badan usaha yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku. Definisi tersebut adalah definisi menurut …
a.      UU No. 25, 1992*
b.      UU No. 25, 1993
c.       UU No. 27, 1992
d.      UU No. 27, 1993
22.      Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan system berupa …
a.      system manajemen usaha dan system keanggotaan.*
b.      system manajemen kepemilikan dan system keanggotaan.
c.       system manajemen usaha  dan system penggunaan jasa.
d.      system manajemen kepemilikan dan pengunaan jasa.
33.      Landasan operasional didasarkan pada …
a.      pengunaan jasa
b.      pelayanan*
c.       usaha
d.      system
44.      Prioritas utama  koperasi menurut uu no.25,1992 adalah …
a.      Maximize profit
b.      minimize cost
c.       maximize the value of the firm
d.      Memajukan kesejahteraan anggota*
55.      Usaha untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders) adalah definisi dari …
a.      Maximization of management utility (oliver williamsom).
b.      Maximization of sales (wilian banmoldb).*
c.       Satisfying behavior (Herbert simon).
d.      Kontibusi teori koperasi.
66.      Semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima, merupakan konsep dari …
a.      Innovation theory of profit.
b.      Managerial efficiency theory of profit.
c.       laba dalam koperasi.*
d.      Maximization of sales (wilian banmoldb).
77.      Penerapan pemisahaan pemilik dan managemen (separation of management form ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen, merupakan pengertian dari …
a.      Maximization of management utility (oliver williamsom).*
b.      Maximization of sales (wilian banmoldb).
c.       Satisfying behavior (Herbert simon).
d.      Kontibusi teori koperasi.
88.      Diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dai pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan , seperti sales , growth, market  share,dll. merupakan pengertian dari …
a.      Maximization of management utility (oliver williamsom).
b.      Maximization of sales (wilian banmoldb).
c.       Satisfying behavior (Herbert simon).*
d.      Kontibusi teori koperasi.
99.      Perolehan laba yang maksimal karena ada keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya. Merupakan pengertian dari …
a.      Innovation theory of profit.*
b.      Managerial efficiency theory of profit.
c.       laba dalam koperasi.
d.      Maximization of sales (wilian banmoldb).
110.  Organisasi yang dikelolah dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal. Merupakan pengertian dari …
a.      Innovation theory of profit.
b.      Managerial efficiency theory of profit.*
c.       laba dalam koperasi.
d.      Maximization of sales (wilian banmoldb).
111.  Berikut ini merupakan sumber-sumber modal sendiri dalam koperasi, kecuali ….
a.      Simpanan pokok
b.      Donasi
c.       Simpanan Wajib
d.      Obligasi *
112.  Pinjaman dana dari Bank atau Lembaga keuangan lainnya merupakan salah satu bagian dari sumber modal koperasi yaitu ….
a.      Sumber modal sendiri     
b.      Sumber modal pinjaman *
c.       Simpanan Wajib
d.      Dana Cadangan
113.  Yang termasuk ke dalam kontribusi bisnis pada success koperasi adalah ….
a.      Maximization of sales *
b.      Minimization of sales
c.       Maximization of purchase
d.       Minimization of Utility
114.  ” Pembagian SHU kepada anggota dilakukan tidak semata-mata berdasarkan modal yang dimiliki seseorang dalam koperasi, tetapi juga berdasarkan perimbangan jsa usaha anggota terhadap koperasi…..” Merupakan pengaturan SHU yang terdapat pada ….
a.      UU No.24/1993 pasal 2 ayat 1
b.      UU No.25/1992 pasal 5 ayat 1 *
c.       UU No.28/1992 pasal 5 ayat 1
d.      UU No.25/1993 pasal 6 ayat 1
115.  Di dalam AD/ART koperasi pembagian SHU untuk dana pendidikan sebesar ….
a.      15 %
b.      5 % *
c.       10 %
d.      40 %
116.  Berikut ini yang termasuk rumus matematika untuk menghitung besarnya SHU per anggota adalah ….
a.                   SHUpa = Va / VUK  x   JUA +  Sa / TMS  x  JMA*
b.                   SHUpa = VUK / Va  x  JMA + JUA / TMS  x Sa
c.                   SHUpa = Va / VUK  x  JUA – Sa / TMS  x  JMA
d.                   SHUpa = VUK / Va  x  JMA - JUA / TMS  x Sa
117.  SHU merupakan singktan dari ….
a.                   Sisa Hak Usaha
b.                   Sisa Hasil Usaha *
c.                   Sumber Hasil Usaha
d.                   Sumber Hak Umum
118.  “SHU Koperasi merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurang biaya,penyusutan dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun yang bersangkutan” pengertiaan SHU tersebut terdapat dalam UU NO.25/1992 , pasal  ….
a.      45 ayat 1*
b.      40 ayat 1
c.       45 ayat 2
d.      40 ayat 2
119.  Dibawah ini yang merupakan faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya adalah ….
a.      Agar lebih popular di masyarakat
b.      Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi) *
c.       Adanya keharusan dari pemerintah
d.      Agar keuangan koperasi meningkat terus menerus.
220.  Berikut ini yang termasuk ke dalam sumber modal koperasi berasal dari pinjaman adalah ….
a.      Dana Anggota*
b.      Dana Cadangan
c.       Donasi      
d.      Simpanan wajib
221.   Insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien disebut...
a.       Kemanfaatan ekonomi*
b.      Motivasi utilitarial
c.       Partisipasi anggota
d.      Efek harga
222.   Setiap harga yang ditetapkan koperasi harus dibedakan menjadi dua, yaitu...
a.       Harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota*
b.      Harga ekonomis dengan harga non ekonomis
c.       Harga tunai dengan harga non tunai
d.      Efek harga dengan efek niaya
223.   Pola kebutihan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi ditentukan oleh....
a.       Tekanan persaingan
b.      Perubahan kebutuhan*
c.       Perubahan lingkungan koperasi
d.      Peningkatan pelayanan
224.   Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebituhan  anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan.....
a.       Menurun
b.      Meningkat*
c.       Seimbang
d.      Monoton
225.   Semakin besar transaksi (usaha dan modal) anggota dengan koperasinya, maka SHU yang diterima akan.....
a.       Semakin kecil
b.      Semakin besar*
c.       Seimbang
d.      A dan b salah
226.   Kontribusi anggota dalam memberi modal koperasinya, yaitu bentuk simpanan pokok,simpanan wajib,simpanan usaha, dan simpanan lainnya disebut....
a.       Transaksi anggota
b.      Omset atau volume usaha
c.       Partisipasi modal*
d.      Presentasi SHU
227.   Kegiatan ekonomi (jual beli barang atau jasa)antara anggota terhadap koperasi disebut...
a.       Transaksi anggota*
b.      Omset atau  volume usaha
c.       Partisipasi modal
d.      Presentasi SHU
228.   Total nilai penjualan atau penerimaan dari barang dan atau jasa pada suatu periode waktu atau tahun buku yang bersangkutan disebut..
a.       Transaksi anggota
b.      Omset atau  volume usaha*
c.       Partisipasi modal
d.      Presentasi SHU
229.   SHU yang dibagi merupakan sumber dari...
a.       Azas keadilan
b.      Jasa dari modal
c.       Anggota*
d.      Prinsip koperasi
330.   Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari..
a.       Anggota koperasi*
b.      Efek-efek ekonomis koperasi
c.       Neraca pelayanan
d.      A dab b benar